Jumat, 22 Mei 2015

ANALISA DATA

Analisa Data yang diposting di sini adalah analisa penelitian kualitatif menurut Sugiyono model Miles and Huberman. Hal ini cukup menarik perhatian karena model Miles dan Huberman ini cukup populer di kalangan mahasiswa untuk analisa karya ilmiah khususnya skripsi. Namun, beberapa mahasiswa yang menyusun skripsi sering salah dalam mengutip karya Sugiyono ini. Kesalahan yang dimaksud adalah mencantumkan pengumpulan data dalam analisis. Perlu ditegaskan, bahwa pengumpulan data itu sendiri bukan merupakan analisis, analysis is analysis. Pengumpulan data dilakukan sebelum analisis, meski begitu ada pakar yang melakukan analisis ketika pengumpulan data. Dalam pandangan penulis, bisa saja melakukan analisis sejak pengumpulan data, tetapi aktivitas pengumpulan data itu sendiri bukan aktivitas analisis. Maksudnya adalah, pada waktu pengumpulan data bersamaan waktu itu pula peneliti bisa melakukan analisis. Karena dalam penelitian kualitatif dimungkinkan waktu pengumpulan data bisa sekaligus waktu analisis data.  Perbedaan pengumpulan data dengan analisis data, dalam  Sugiyono ditunjukkan pada gambar berikut:



Sumber Gambar: Sugiyono (2005: 91)

Gambar di atas secara jelas menunjukkan bahwa analisis data dimulai dari reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Bahkan dalam karya tersebut (sebelum gambar di atas) juga dikatakan bahwa "Aktivitas analisa data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification".  satu hal lagi yang menjadi perdebatan adalah ketika mengutip diagramdi bawah ini:


Sumber gambar: Sugiyono (2005:92)

gambar ini diperdebatkan oleh mahasiswa, "mengapa data sudah diverifikasi kok kembali melakukan pengumpulan data? kalau begitu kapan penelitian akan selesai?"
Perlu dipahami bahwa Sugiyono bermaksud menjelaskan bahwa data walaupun sudah diverifikasi, tetapi peneliti masih ada keraguan dengan hasil verifikasi, maka peneliti bisa melakukan ulang dari pengumpulan data, siapa tahu data yang dikumpulkan sebelumnya belum benar.

Tahap demi tahap ini harus dilakukan dengan benar, sering penulis skripsi mencantumkan proses reduksi data, tetapi kalau ditanyakan bagaimana cara melakukan reduksi, ternyata banyak yang tidak mampu menunjukkan kepada pembimbing atau penguji tentang cara melakukan reduksi. Berikut ini gambar atau diagram reduksi yang dikemukakan Sugiyono:


Sumber: Sugiyono (2005: 94)

Agar lebih jelas, silahkan baca buku Memahami Penelitian Kualitatif karya Prof. Dr. Sugiyono.